24 Mei 2012

Pelopor Cegah Karies Melalui Pemberdayaan Sekolah


PENYAKIT gigi dan mulut (gimul) yang sering dijumpai pada anak usia sekolah yakni karies. Kondisi tersebut akibat terabaikannya kebersihan gimul.
Kendati hasil survei menunjukan sebagian besar (91%) anak usia sepuluh tahun keatas telah menggosok gigi setiap hari, namun hanya sebagian kecil (7%) yang melakukannya di waktu yang benar.
Menurut Drg Dede Fahrina, kurangnya pengetahuan dan kebiasaan anak yang salah dalam memelihara gigi memperparah angka penyakit gigi.
Padahal, kata Dokter gigi Puskesmas Menes itu, kondisi gigi yang buruk akan mempengaruhi perkembangan kesehatan gigi pada usia dewasa nanti.
Dijelaskan, menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi di waktu yang benar yakni sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur akan memperkecil terjadinya kerusakan gigi.
Kebiasaan itulah yang hingga sekarang dia coba terapkan dikalangan pelajar SD di Kecamatan Menes. “Penanggulangan masalah kesehatan gigi pada anak sekolah sejak dini bisa dilakukan melalui program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) berupa pendidikan kesehatan gigi dan perawatan gigi anak. Kalau perlu pencabutan gigi yang sudah waktunya tanggal bisa dilakukan di sekolah,” jelas Drg Dede Fahrina yang juga menyandang predikat sebagai dokter teladan Pandeglang tahun ini, beberapa waktu lalu.
Untuk mendukung langkahnya mencegah karies gigi, dia mengaku menggalang pihak sekolah untuk memberdayakan guru serta anak didik sebagai dokter kecil. Sehingga diharapkan dapat membantu dokter gigi atau perawat gigi dan menjadi pelopor untuk mengurangi angka karies di setiap sekolah.
Keberhasilan Dede Rina Fahrina dalam membina dan mengembangkan usaha kesehatan gigi ditingkat sekolah (UKGS) telah menghantarkannya sebagai teladan untuk bersaing dengan teladan lainnya di kabupaten/kota se Provinsi banten. Dia juga menjadi contoh untuk model pemberdayaan kesehatan di sekolah dengan melibatkan peran aktif guru UKS dan membina dokter kecil sebagai kader kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar