6 Mei 2012

Sejumlah Puskesmas Diusulkan Naik Status

PANDEGLANG, (KB).- Wakil ketua DPRD Pandeglang, Tengku Abdurahman mengusulkan kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan beberapa status puskesmas di daerah terpencil menjadi rumah sakit. Hal ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Memang sebaiknya ada peningkatan status puskesmas di Cibaliung dan Cikeusik menjadi rumah sakit. Dengan demikian, ada pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil itu,” kata Tengku.

Menurutnya, masyarakat yang berasal dari Pandeglang Selatan selama ini mengalami kesulitan untuk mengakses rumah sakit yang ada di Pandeglang saat ini. Selain jarak tempuh yang terlalu jauh, kondisi jalan yang buruk juga membuat masyarakat tidak bisa menempuh perjalanan lebih cepat.

Untuk itu, ungkap dia, diperlukan peningkatan status puskesmas di Pandeglang Selatan guna menunjang pelayanan kesehatan kepada masyrakat. Dengan begitu, masyarakat di Pandeglang yang sakit, tidak perlu ke rumah sakit Pandeglang, melainkan cukup mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit terdekat.

“Untuk tenaga medisnya, adalah dokter PNS yang ada di Pandeglang. Dalam aturannya, setiap PNS harus siap ditempatkan dimana saja. Karena itu, ada kewenangan bupati untuk menempatkan dokter PNS atau perawat,” katanya.

Tengku juga menjelaskan, jarak tempuh dari Cibaliung ke Pandeglang mencapai tiga hingga empat jam. Dengan jarak tempuh seperti itu, pasien akan lebih menderita. Demikian pula dari Cikeusik menuju RSUD berkah. Bila pelayanan didekatkan,upaya untuk menolong pasien yang menderita sakit akan lebih cepat dilakukan. (H-18)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar