7 Apr 2013

Peran Posko Kesehatan Kampung Domba Cinyurup Dalam ISPC 2013




EVENT Jambore Perdamaian Pramuka Internasional di Kampung Domba Cinyurup, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung yang digelar 26-28 Maret 2013 lalu membawa kenangan tersendiri bagi Kepala Puskesmas Pagadungan Kecamatan Karangtanjung, Hj. Eni Rohaniah.
Selain bisa bertemu peserta pramuka dari manca negara, ia terpaksa harus rela menginap di Posko Kesehatan setempat di malam akhir perkemahan.
Posko itu menurut Eni didirikan Panitia Daerah di Sub-Camp Kampung Domba Cinyurup lengkap dengan tempat tidur dan obat-obatan guna mendukung tim kesehatan selama jambore berlangsung. Tak hanya itu, lanjutnya, Posko kesehatan juga menyediakan dokter jaga dan beberapa mobil ambulans untuk melakukan evakuasi peserta yang sakit dan harus dirujuk ke rumah sakit.
“Jika ada peserta Jambore yang sakit dan butuh perawatan, maka pihak kami bisa merawatnya di Posko kesehatan terlebih dahulu, tanpa harus langsung membawanya ke puskesmas atau rumah sakit,” imbuhnya.
Menurut Eni, kesiapsiagaan tim kesehatan mutlak diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Ia mengaku senang kalau pada akhirnya tak satupun peserta jambore yang jatuh sakit selama perkemahan berlangsung.
Ditambahkan, Warga Kampung Domba, Kelurahan Juhut, Pandeglang, Banten sangat merespon kedatangan duta-duta perdamaian dari manca negara yang  hidup bersama di desanya. “ Mereka sangat merespon kampungnya dijadikan salah satu tempat kegiatan, apalagi pesertanya tidak hanya datang dari seluruh Indonesia tapi juga manca negara,” tegas Eni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar