11 Okt 2014

Dinkes Pandeglang Jalin Kemitraan MUI – Bidan Desa



GUNA lebih meningkatkan dukungan kegiatan Promosi Kesehatan (Promkes) ditingkat desa, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang memfasilitasi pertemuan Organisasi Masyarakat (Ormas) Keagamaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tingkat desa dengan para Bidan Desa (Bides) di Hotel Kharisma, Labuan pada Selasa-Rabu (7-8/10/2014) yang diikuti peserta dari lima Kecamatan terpilih yakni Picung, Angsana, Sindangresmi, Cibitung dan Kecamatan Perdana.
Kegiatan yang dikemas dalam suatu pertemuan Penguatan Kemitraan dengan Ormas MUI dalam Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilaksanakan  untuk memperoleh dukungan komitmen serta peran aktif tokoh agama setempat dalam mencapai tujuan pembangunan yakni meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang Yudi Hermawan, SKM dalam laporannya mengungkapkan, pertemuan Penguatan Kemitraan dengan Organisasi Masyarakat dalam Peningkatan PHBS dilaksanakan dilakukan berjenjang dengan melalui empat tahap mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai ke tingkat desa.
“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya, setelah dilakuan pertemuan di tingkat provinsi, dinas kesehatan melakukan pendampingan kegiatan ke tingkat selanjutnya dalam bentuk pertemuan,” kata Yudi, Selasa (7/10/2014)
Yudi menyebut kegiatan ini sangat penting dalam rangka memperoleh dukungan peran  dan komitmen dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.
“Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan, Dinas Kesehatan tidak mungkin bekerja sendirian, oleh karena itu pemerintah perlu mendorong peran aktif masyarakat, swasta, termasuk organisasi kemasyarakatan untuk bekerja dalam segala bentuk upaya kesehatan,” terangnya.
Ditambahkan, kegiatan dilaksanakan selama dua hari dengan manghadirkan nara sumber Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan dr. H. Kodiat Juarsa, M.Kes, serta Ust. Nurdin Suhendar Sekretaris MUI Kabupaten Pandeglang.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang H. Deden Kuswan dalam sambutannya mengajak semua pihak khususnya Ormas Keagamaan MUI untuk bersama melakukan Promosi Kesehatan melalui pembudayaan PHBS di rumah tangga.
“PHBS mempunyai daya ungkit yang tinggi bagi kesehatan masyarakat, oleh karena itu mari promosikan agar semua masyarakat sejahtera,” katanya
Dia menegaskan pentingnya peran MUI di Kabupaten Pandeglang sebagai kota seribu ulama sejuta santri dalam mempromosikan PHBS, terutama untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang masih tinggi di Kabupaten Pandeglang.
“Melalui adanya kemitraan ini mudah-mudahan dapat mempercepat penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Pandeglang,” tegasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar