6 Okt 2014

MMD di Desa Kadujangkung Kecamatan Mekarjaya

PETUGAS Puskesmas, aparat desa, kader kesehatan dan tokoh masyarakat Desa Kadujangkung Kecamatan Mekarjaya, Kabupaten Pandeglang menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) diselenggarakan di Balai Desa Kadujangkung, Rabu (1/10).
Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Mekarjaya, Sugianto mengatakan, MMD diinisiasi oleh UPT Puskesmas Mekarjaya dengan agenda mempresentasikan hasil Survei Mawas Diri (SMD) yang dilakukan oleh Petugas Puskesmas.
“MMD dilakukan untuk menganalisis suatu masalah yang ditemukan oleh Petugas Puskesmas lalu didiskusikan bersama perwakilan warga dan membuat rencana tindak lanjut untuk mengatasi masalah kesehatan yang ditemukan,” katanya.
Koordinator Bidan Puskesmas Mekarjaya Bidan Lestari mengatakan, MMD merupakan salah satu proses dalam kegiatan desa siaga. “Kami petugas puskesmas hanya sebagai fasilitator Dalam pelaksanaannya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang apa yang harus dilakukan dalam desa siaga. Selanjutnya, secara bersama-sama menggali permasalahan yang ada untuk dicarikan solusi,”kata bidan senior yang biasa disapa Tari ini.

Koordinator promosi kesehatan Puskesmas Mekarjaya Ani Hartati menambahkan, tujuan dimaksudkan agar masyarakat diberdayakan untuk memecahkan masalah serta menggiatkan kewaspadaan dini di masyarakat dengan melakukan pengamatan perilaku dan lingkungan yang berkaitan dengan Kesehatan Ibu dan Anak, Gizi Buruk, Peningkatan Kesehatan Lingkungan. “Dalam hal ini terkait program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Pemberantasan Sarang Nyamuk, Pencegahan HIV-AIDS, Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” katanya.
Peserta berfoto usai MMD di halaman balai desa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar