6 Mar 2012

Banten Gelar Aneka Lomba HKG PKK


DALAM rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tahun 2012, Tim Penggerak PKK Provinsi Banten mengunjungi sejumlah desa/kelurahan binaan TP PKK Kabupaten Pandeglang.
Ketua TP PKK Pandeglang Hj. Siti Erna Erwan menyebut kunjungan TP PKK Banten untuk penilaian lomba kesekretariatan di kelurahan Cigadung Kec. Karangtanjung, Lomba Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Desa Karyawangi Kec. Pulosari, lomba lingkungan bersih sehat (LBS) di Desa Purwaraja Kec. Menes, serta sejumlah penilaian lainnya tersebar di empat kecamatan terpilih.
Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Pandeglang saat menyambut Tim Penilai TP PKK Banten di Ruang Pendopo, Pandeglang, Rabu (29/2) kemarin.
Menurut Erna, kegiatan PKK Pandeglang dilakukan melibatkan masyarakat. “Keterlibatan masyarakat ini memang patut disyukuri, karena akan sangat berpengaruh terhadap usaha-usaha yang dilakukan untuk mendukung peningkatan derajat kualitas kehidupan mereka sendiri,” katanya dihadapan rombongan TP PKK Banten, sejumlah Pejabat Pemkab Pandeglang serta kepala SKPD terkait.
Dijelaskan, semua lokasi yang akan dinilai tim merupakan juara lomba HKG tingkat Kabupaten Pandeglang dan merupakan hasil binaan terbaik sesuai yang dipersyaratkan dalam lomba.
“Tentu saja, hal ini tidak terlepas dari dukungan Tim Penggerak PKK kecamatan dan desa yang memang aktif, untuk terus mendorong agar kegiatan PKK di tingkat masyarakat berjalan sesuai harapan kita bersama. Khususnya, dalam upaya mengembangkan kegiatan Posyandu,
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pemanfaatan tanaman obat keluarga, serta Inovasi-inovasi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yang merupakan sasaran pokok dalam
kegiatan ini adalah keluarga sebagai ujung tombak pembangunan,” papar Erna.
Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Banten Hj. Nurul Aini Yitno yang juga sekaligus sebagai ketua tim penilai mengungkapkan, TP PKK dengan keberadaannya hingga tingkat desa merupakan mitra kerja pemerintah dan masyarakat.
Kunjungan penilaian oleh TP PKK Banten merupakan bagian dari pembinaan yang dikemas melalui lomba-lomba dalam rangka memperingati hari kesatuan gerak PKK tahun 2012. 
“Pemenang lomba tingkat provinsi akan ditinjau oleh TP PKK pusat,” katanya seraya  engingatkan bahwa lomba yang dilaksanakan ini hanya wadah untuk memberi motivasi kepada masyarakat.
Sedangkan inti dari penilaian yang dilakukan, tegasnya yakni melihat sejauh mana peran TP PKK Kabupaten Pandeglang dalam membina masyarakat ditingkat kecamatan dan desa sesuai amanat Rapat Kerja Nasional  (RAKERNAS) PKK Pusat.
Dia menambahkan, tim yang dipimpinya berjumlah 15 orang yang terdiri dari ketua kelompok kerja (Pokja) TP PKK Banten beserta beberapa anggota dari unsur Pemprov Banten. (mr.adestiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar