18 Mar 2012

IBI Pandeglang Studi Banding


PERAN bidan desa sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) di tingkat desa sangat strategis dalam mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak. Hal itu disadari segenap jajaran pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Pandeglang. Karena itu, pengurus IBI terus fokus melakukan pembinaan kinerja anggotanya yang bertugas di desa. Dengan harapan kontribusi para bidan dalam percepatan penurunan AKI dan AKB dapat dirasakan masyarakat.
Salah satu upaya untuk memotivasi para bidan desa tersebut diantaranya dengan melakukan studi banding ke Kabupaten Subang.  Untuk itu pengurus IBI Pandeglang memberangkatkan 70 bidan yang bertugas di wilayah 2 untuk menimba pengalaman.
Menurut Wakil Ketua IBI Pandeglang Hj. Juju Rusjuana, studi banding di Subang layak diapresiasi mengingat Pemda Subang sangat care dengan keberadaan bidan di wilayahnya. “IBI secara organisasi ingin lebih baik dan mendorong para bidan khususnya bidan desa agar dapat melaksanakan tugasnya lebih baik dan nyaman tinggal di desa,” tutur Hj. Juju Rusjuana disela persiapan keberangkatan studi banding IBI Pandeglang yang dipusatkan di Puskesmas Menes, Minggu (18/3) sekitar pukul 06.00 Wib.
Selain akan mengambil pelajaran kegiatan pengurus IBI Subang, lanjut Juju, pihaknya akan melihat secara langsung pengelolaan administrasi pengurus IBI dan Upaya IBI setempat dalam bermitra dengan Pemerintah daerah untuk diterapkan oleh pengurus IBI Pandeglang.
Dia berharap kedepan, bidan-bidan yang ada mendapat perhatian lebih dari Pemkab Pandeglang, misalnya dengan memperhatikan tempat tinggal kami yang ada di desa. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar