4 Mar 2012

Bupati Minta Camat Berdayakan TP PKK


BUPATI Pandeglang H. Erwan Kurtubi meminta para camat lebih memberdayakan peran Tim Penggerak PKK di wilayah kerjanya.
Hal itu disampaikan Bupati Pandeglang saat memberikan sambutan dalam rangka penilaian lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Provinsi Banten tahun 2012 yang digelar serempak disejumlah wilayah kecamatan di Pandeglang, Rabu (29/2) kemarin.
Menurut Bupati Erwan yang juga sebagai Dewan Penyantun TP PKK Pandeglang, banyak persoalan di wilayah kecamatan dan desa yang bisa ditangani oleh ibu camat selaku Ketua TP PKK kecamatan seperti  permberdayaan ekonomi, kesehatan masyarakat dan kesejahteraan keluarga.
“Harus diakui peran TP PKK sangat membantu tugas-tugas kemasyarakatan baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa,” katanya.
Sementara itu dalam laporannya Ketua TP PKK Pandeglang Hj. Siti Erna Erwan menyebut kunjungan TP PKK Banten untuk penilaian berbagai lomba seperti lomba kesekretariatan di kelurahan Cigadung Kec. Karangtanjung, Lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Desa Karyawangi Kec. Pulosari, lomba lingkungan bersih sehat (LBS) di Desa Purwaraja Kec. Menes, serta sejumlah penilaian lomba lainnya yang tersebar di empat kecamatan diantaranya lomba simulasi penanganan KDRT,  lomba hatinya PKK, lomba kebun TOGA, lomba UP2K serta lomba Posyandu.
Kepada Tim Penilai TP PKK Banten Erna menjelaskan, kegiatan PKK Pandeglang dilakukan melibatkan masyarakat. “Keterlibatan masyarakat ini memang patut disyukuri, karena akan sangat berpengaruh terhadap usaha-usaha yang dilakukan untuk mendukung peningkatan derajat kualitas kehidupan mereka sendiri,” katanya dihadapan rombongan TP PKK Banten, sejumlah Pejabat Pemkab Pandeglang serta kepala SKPD terkait.
Dia memaparkan, semua lokasi yang akan dinilai tim merupakan juara lomba HKG PKK tingkat Kabupaten Pandeglang dan merupakan hasil binaan terbaik sesuai yang dipersyaratkan dalam lomba tingkat provinsi.
“Tentu saja, hal ini tidak terlepas dari dukungan Tim Penggerak PKK kecamatan dan desa yang memang aktif untuk terus mendorong agar kegiatan PKK di tingkat masyarakat berjalan sesuai harapan kita bersama. Khususnya, dalam upaya mengembangkan kegiatan Posyandu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pemanfaatan tanaman obat keluarga, serta Inovasi-inovasi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yang merupakan sasaran pokok dalam kegiatan ini adalah keluarga sebagai ujung tombak pembangunan,” papar Erna. 
Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Banten Hj. Nurul Aini Yitno mengungkapkan, rombongan yang dipimpinnya berjumlah 15 orang yang terdiri dari ketua kelompok kerja (Pokja) dan sekretariat TP PKK Banten beserta beberapa anggota perwakilan dari unsur Pemprov Banten.
“Anggota tim penilai beranggotakan tiga orang akan disebar sesuai kriteria binaan Pokja masing-masing dari Pokja I sampai Pokja IV dan penilaian kesekretariatan,” katanya.
Dia menguraikan, tim penilai Pokja I melakukan penilaian untuk kategori lomba simulasi penanganan kasus kekerasan pada rumah tangga (KDRT) di Kecamatan Koroncong.
“Tim penilai Pokja II menilai lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kelurahan Cigadung Kec. Karangtanjung. Tim Pokja III menilai lomba hatinya PKK dan Kebun TOGA di Kampung Baru Desa Pasirkarag Kec. Koroncong. Pokja IV menilai Hasil TOGA, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) serta lomba Posyandu di Kecamatan Pulosari dan Menes,” jelasnya.
Sementara tim V Sekretariat TP PKK Banten melakukan penilaian untuk kategori lomba Kesekretariatan PKK di Kelurahan Cigadung Kec. Karangtanjung.
Wakil Ketua TP PKK Banten Hj. Nurul Aini Yitno yang juga
sekaligus sebagai ketua tim penilai provinsi menegaskan, TP PKK dengan
keberadaannya hingga tingkat desa merupakan mitra kerja pemerintah dan
masyarakat. Menurutnya, kunjungan penilaian oleh TP PKK Banten merupakan bagian dari pembinaan yang dikemas melalui lomba-lomba di kabupaten/kota se Banten dalam rangka memperingati HKG PKK tahun 2012.
“Pemenang  setiap kategori lomba tingkat provinsi akan ditinjau oleh TP PKK pusat,” katanya seraya mengingatkan bahwa lomba yang dilaksanakan ini hanya wadah untuk memberi motivasi kepada masyarakat.
Sedangkan inti dari penilaian yang dilakukan, tegasnya yakni melihat
sejauh mana peran TP PKK kabupaten/kota dalam membina masyarakat
ditingkat kecamatan dan desa sesuai amanat Rapat Kerja Nasional
(Rakernas) TP PKK Pusat. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar