31 Mar 2012

Desa Karyawangi Terus Berbenah Hadapi Lomba TOGA Tingkat Nasional


TENGAH hari itu suasana Puskesmas Pulosari cukup lengang. Sebab seluruh pengunjungnya (pasien red) sudah selesai dilayani sejak pagi hari. Kendati begitu  aktifitas para pegawai tidak serta merta berhenti. Selain merekap hasil kunjungan  pasien dalam gedung pada hari itu, disela waktu senggang itu banyak dari mereka yang sedang merencanakan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat di luar gedung seperti pelayanan Posyandu, kunjungan rumah keluarga rawan kesehatan (raketan) hingga pembinaan peran serta masyarakat (PSM) dalam bidang kesehatan seperti pembinaan pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) yang beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai juara TOGA tingkat provinsi.
Pembinaan TOGA khususnya di Desa  Karyawangi, salah satu desa di wilayah kerja Puskesmas Pulosari memang kini semakin ditingkatkan. Tidak saja dari puskesmas, lintas sektor terkait seperti PKK Kecamatan, UPT pendidkan setempat, kader dan tokoh masyarakat terlibat. “Bahkan Pemkab Pandeglang dan Pemprov Banten mendukung karena ini persiapan lomba TOGA tingkat nasional yang akan digelar sekitar Bulan Agustus-Oktober 2012 mendatang,” kata Asep Hardiansyah disela kunjungannya ke Puskesmas Pulosari, Rabu (28/3) kemarin.
Asep Hardiansyah mengaku kunjungan pembinaan ke Puskesmas dan desa kerap harus dia lakukan tidak saja saat event lomba, tapi pada berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dia selalu hadir. Menurutnya, yang dia lakukan ini bagian dari tugas pokok dan fungsinya sebagai Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinkes Pandeglang yang menuntut  terjun langsung membantu Puskesmas untuk lebih memberdayakan masyarakat. (mr.adesetiawan@gmail.com)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar